Saturday, March 28, 2009

SORGA DAN NERAKA

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang

MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT.

Kelahiran anak manusia di dunia adalah takdir Allah SWT yang sudah sepantasnya disyukuri . Bagaimana tidak ? Allah SWT Maha Berkehendak . Dengan hanya mengucapkan “KUN” , apa saja yang dikehendaki-Nya , segera terwujud menjadi kenyataan . Seandainya Tuhan menghendaki mereka dilahirkan sebagai makhluk lain , binatang misalnya , jadilah mereka binatang . Anak manusia atau bani Adam , ditakdirkan sebagai makhluk yang sempurna . Disamping diberi ber macam-2 nafsu , mereka dilengkapi juga dengan akal dan hati yang antara lain berfungsi sebagai pengarah sekaligus pengendali nafsu-2 tersebut . Malaikat diberi akal dan qolbu (hati) , tapi mereka tidak diberi nafsu , sementara iblis/syaitan diberi nafsu dan akal tanpa dilengkapi dengan qolbu . Binatang hanya diberi nafsu dan insting saja . Keberadaan kita didunia se mata-2 merupakan hidayah Allah SWT . Kalau bukan karena hidayah-Nya , tidak bakalan kita bisa hadir didunia sebagai bani Adam dan meneri ma ber macam-2 kenikmatan yang tak dapat dihitung jumlahnya saking banyaknya . Itulah yang per-tama-2 harus kita syukuri . Cara mensyukuri nikmat Allah SWT tidak lain adalah dengan beriman dan beramal shalih . Sebenarnya hal ini justru untuk kemaslahatan dan keuntungan kita sendiri . Bukan untuk keuntungan siapa-2 , bahkan bukan untuk Tuhan sekalipun . Tuhan tidak memerlukan apa-apa dari makhluk-Nya , Tuhan tidak minta rezeki dari hamba-Nya , tapi justru Tuhanlah yang memberikan rezeki kepada hamba-2-Nya . Ia-lah yang melapangkan rezeki seseorang dan Ia pula yang menyempitkan rezeki yang lain . Di kelompok manapun kita berada , yang dilapangkan atau disempitkan rezekinya , kita tidak boleh ngomel , mengeluh , atau-pun protes . Kita harus menerimanya dengan sabar dan tawakal , karena inipun takdir dari Allah SWT . Namun demikian dalam menerima takdir ini janganlah bersikap passive . Kita tidak boleh putus asa terhadap karunia-Nya , atau menyerah pasrah tanpa usaha . Kita harus tetap berjuang dengan usaha dan do’a untuk merobah yang sempit menjadi lapang , karena Tuhan tidak akan merobah nasib/nikmat suatu kaum apabila kaum itu tidak berusaha merobah nasibnya sendiri . Dengan kata lain , kita harus menerima takdir secara aktive , yakni dengan sabar dan tawakal tetapi tetap berusaha memperjuangkan perbaikan atau peningkatannya , dan selalu berdo’a mohon karunia-Nya .
Disamping mensyukuri nikmat Allah SWT , tidak boleh lupa pula bersyukur atau berterimakasih kepada kedua orang tua kita . Ber syukur kepada orang tua diwujudkan dengan berbakti kepada ibu yang telah bersusah payah mengandung kita selama sembilan bulan , menyusui kita selama dua tahun , melindungi dan menyayangi kita sepanjang zaman . Dan berbakti kepada ayah yang telah mem banting tulang mencari nafkah untuk menghidupi anak isteri , memeras keringat untuk melindungi dari panas dan hujan , mendidik dan membimbing kita di jalan yang lurus , serta menyayangi kita dunia akhirat . Kita juga tidak boleh mengabaikan untuk berterima kasih kepada tetangga , kerabat dan handai tolan , yang telah mendampingi kita dalam suka dan duka , dan yang selalu meng ulurkan tangannya apabila kita membutuhkan bantuannya .
Jadilah orang yang pandai bersyukur karena itu akan lebih baik bagi kita . Allah akan menambah nikmat-Nya berlipat ganda kepada hamba-2-Nya yang pandai bersyukur .
“Sungguh , Allah membela orang yang beriman . Sungguh , Allah tidak menyukai siapapun yang ber khianat dan tiada berterimakasih .” (Al Hajj / 22:38)

“Jika kamu tidak bersyukur , sungguh , Allah tidak memerlukan kamu. ia tidak suka sifat tiada bersyukur , dari hamba-2-Nya . Jika kamu bersyukur , ia menganggap itu bagus bagimu .tiada pemikul beban akan memikul beban orang lain . Kemudian kamu akan kembali kepada Tuhanmu , dan Ia akan memberitahukan kepadamu , apa yang telah kamu lakukan . Sungguh , Ia mengetahui segala yang (terkandung) dalam hati (manusia) .” (Az Zumar/39:07)

“Sungguh,(ayat-2) ini adalah peringatan. maka barang siapa menghendakinya , hendaklah mengambil jalan menuju Tuhannya .# Tapi tiada kamu memperoleh kehendakmu, kecuali dengan kehendak Allah, sungguh, Allah Maha Tahu , Maha Bijaksana . ” (Al Insan /76:29-30)

Menjadi orang beriman berarti melaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan dengan hati yang ikhlas , rukun iman yang enam , tanpa kecuali . Ambillah Islam seutuhnya , masuklah kedalamnya secara keseluruhan , jangan ambil sepotong-2 . Bertakwalah kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan se-benar-2 takwa . Jangan seperti orang munafik yang berkata , “ Kami beriman kepada Allah dan hari kemudian ,” padahal mereka sebenarnya tidak beriman (Al Baqarah/02:08). Orang munafik diibaratkan seperti sebatang kayu yang di sangga , meskipun kelihatan kekar dan kokoh tapi sebenarnya bodoh dan tak tahu apa-2 . Menjadi orang yang beramal shalih adalah melaksanakan dengan konsekwen rukun Islam yang lima , pandai mensyukuri nikmat Allah SWT , memelihara akhlak yang baik dalam segala tingkah laku dan perbuatannya , serta selalu ber-amar ma’ruf nahi munkar .

Beriman dan beramal shalih adalah kunci pembuka pintu Sorga dan sekaligus menjadi One Way Ticket untuk perjalanan pulang ke kampung halaman bani Adam . Tanpa itu jangan harap kita bisa pulang kembali ke Sorga yang penuh kenikmatan . Sebagai gantinya kita akan digiring ke tempat berkumpulnya iblis , syaitan , kaum durjana , jin dan orang-2 kafir , orang musyrik, orang munafik , dan para ahli maksiat, yang semuanya akan menjalani siksa dan azab di dalam api Neraka yang sangat dahsyat . Na’udzubillahi min Dzalik ! Kemanapun kita dipulangkan nanti , ke Sorga atau ke Neraka , sesuai dengan amalan dan ibadah masing-2 , kita akan berada dan bertempat tinggal disana untuk se-lama-2-nya .

SORGA DAN PENGHUNINYA

Sorga adalah suatu tempat yang disucikan dari segala noda dan dosa dunia , tempat yang di berkati dan di rahmati oleh Allah SWT , tempat segala macam kenikmatan dan keindahan yang tak ada bandingannya , sebagai tempat kembali dan bertempat tinggal bagi orang-2 yang takwa , beriman dan beramal shalih . Sorga adalah suatu yang gaib . Tidak bisa dilihat , dirasakan , atau di deteksi hakekat dan keberadaannya . Kita hanya tahu dari penjelasan Al Qur’an dan Sunnah Rasul . Sampai sa’at ini hanya ada tiga orang dari golongan manusia yang pernah melihatnya . Mereka adalah Nabi Adam AS beserta isterinya ibu Hawa sewaktu mereka masih berada disana , sebelum kemudian diusir oleh Allah SWT, karena terpengaruh iblis melakukan pelanggaran berat . Dan satu lagi adalah Nabi Muhammad SAW pada sa’at beliau isra’ mi’raj dan berada di Sidratul Muntaha . Dijelaskan dalam Al Qur’an , bahwa disitu Nabi Muhammad SAW bertemu kembali dengan Malaikat Jibril dalam bentuk aslinya dan didekat Sidratul Muntaha terlihat taman Sorga tempat kediaman yang sangat indah (An Najm / 53:13-15) . Luas Sorga adalah seluas langit dan bumi . Sorga diciptakan Allah SWT, ber macam-2 dan ber tingkat-2 sesuai dengan kualifikasi penghuni yang akan bertempat tinggal disana nantinya .

“Tapi orang yang beriman dan melakukan amal kebaikan , mereka akan kami masukkan ke Sorga-2 , dengan sungai-sungai mengalir didalamnya . mereka tinggal didalamnya selama-lamanya . di sana mereka mendapat isteri-isteri yang bersih dan suci . dan kami masukkan mereka ketempat yang naung dan sejuk nyaman .” (An Nisa’/04:57)

“Sungguh , orang yang beriman dan beramal shalih , dan merendahkan diri di depan Tuhannya , merekalah penghuni sorga , tinggal di dalamnya se-lama-2-nya .”(HUD / 11:23)

“Mereka yang beriman dan melakukan amal kebaikan , mereka itu bahagia dan baginya tempat kembali yang indah . “ (Ar Ra’d/13:29)

“Bukanlah kekayaanmu, bukan (pula) putera-2 mu yang mendekatkan kamu kepada Kami , tapi mereka yang beriman dan beramal shalih , mereka itulah yang mendapat pahala berlipat ganda bagi amal perbuatannya , sedang mereka (tinggal) aman di kediamannya yang tinggi . “ (Saba’/34:37)

Sorga Adn (Jannatu Adn) dan Sorga Darul Muqamah , diperuntuk kan bagi orang-2 yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya , mendirikan shalat , menafkahkan sebagian rezeki yang di berikan Tuhan kepadanya , secara sembunyi-2 dan terang-2-an , serta menolak kejahatan dengan kebaikan . Mereka akan masuk kedalamnya bersama orang yang shalih diantara leluhur-2-nya , isteri-2-nya dan keturunanya . Para Malaikat akan masuk menemui mereka dari setiap gerbang , dengan ucapan ,“ Selamatlah atasmu karena kesabaranmu ! “

Sorga Na’im (Jannatin Na’im) , diperuntukkan orang-2 yang unggul dalam keimanan , yakni sejumlah besar orang-2 terdahulu dan sebagian kecil orang-2 kemudian . Mereka duduk diatas peterana bertatahkan emas dan mutiara , bersandar diatasnya ber-hadap-2-an. Mereka dikelilingi anak-2 yang terjaga tetap remaja , yang mengedarkan gelas-2 , cerek-2 dan piala-2 yang berisi minuman dari mata air Sorga yang mengalir jernih , yang tidak membuat sakit kepala atau memabukkan . Disana tersedia buah-2-an jenis apa saja yang mereka pilih , serta daging burung apa saja yang mereka ingini .Mereka didampingi hauri-2 (bidadari-2) bermata besar dan hitam jelita , seperti mutiara-2 yang putih bersih tersimpan baik . Didalamnya tidak terdengar omongan-2 yang sia-2 ataupun yang membawanya kepada dosa . Yang terdengar adalah , “ Salam dan salam .” Mereka berada di tengah-2 pohon bidara yang tidak berduri , di tengah-2 pohonan pisang yang buahnya susun bersusun , dalam naungan yang terbentang , dekat air yang gemericik mengalir segar . Buah-2-an melimpah ruah , tidak berhenti berbuah dan tidak pula dilarang untuk memakannya. Untuk mereka Tuhan menciptakan perawan-2 suci tanpa noda sebagai isteri-2 tercinta dengan usia yang sepadan .
Sorga Ma’wa (Jannatul Ma’wa) dan Sorga Firdaus (Jannatul Firdausi) , diperuntukkan bagi orang-2 yang beriman dan melakukan amal kebaikan . Mereka tinggal disana se-lama-2-nya . Mereka tidak merasa jemu atau bosan , dan tidak pula ingin pindah dari sana .
Sorga Darus Salam , diperuntukkan bagi mereka yang menerima petunjuk dan peringatan dari Allah SWT dan menempuh jalan yang lurus (jalan Tuhan) yang telah dijelaskan dalam ayat-2 Nya .
Sorga Darul Khulud , diperuntukkan bagi orang-2 yang bertobat dan diterima Taubatnya oleh Allah SWT , orang yang menjaga dirinya yaitu orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah , sekalipun ia tidak melihat-Nya . Mereka disambut dengan ucapan , “ Masuklah kedalamnya dengan aman dan damai , inilah hari hidup yang kekal !“ Didalamnya disediakan apa saja yang mereka inginkan .
Sorga Maqam Amin , diperuntukkan untuk orang-2 yang takwa . Mereka ditempatkan ditempat yang aman , di tengah taman-2 dan mata air . Mereka berpakaian sutera yang tipis halus , dan sutera yang tebal . Mereka duduk ber hadap-2an . Mereka dijodohkan dengan hauri-2 (bidadari) yang bermata jeli . Mereka dapat minta segala macam buah-2 an dengan aman dan selamat , dan disana mereka tidak merasakan mati .

Al Qur’an lebih jauh menjelaskan mengenai Sorga sebagai se-baik-2 tempat kembali , dimana penghuninya tidak akan merasa kepanasan atau kedinginan , tidak pula merasa jemu atau bosan . Sorga dipenuhi dengan pohon-2 yang rindang dengan keteduhan yang abadi , serta ber macam-2 pohon buah-2 an yang tidak pernah berhenti berbuah , tidak mengenal musim , yang tingkat kelezatan buahnya tidak dapat dilukiskan karena tidak ada padanannya di dunia . Didalamnya banyak sekali sungai-2 yang gemericik airnya mengalir jernih menentramkan hati . Airnya terdiri dari berbagai macam minuman yang tidak akan membuat kepala menjadi pening , apalagi memabukkan . Penghuni Sorga berpakaian dengan busana yang sangat indah , terdiri dari sutera yang tipis halus menyejuk kan dan sutera yang tebal menghangatkan . Disana penghuni Sorga sering kelihatan bercengkerama duduk ber hadap-2 an dan dilayani oleh pemuda-2 rupawan yang terjaga keremajaannya dan digambarkan seperti mutiara-2 bertaburan . Minuman diedarkan dalam piala-2 kristal yang sangat indah , berisikan berbagai macam jenis minuman yang sangat menyegarkan . Dihidangkan juga ber-macam-2 buah-2-an dan daging burung dari jenis apa saja yang mereka inginkan . Semuanya berlimpah ruah serba berkecukupan . Mereka dikawinkan dengan bidadari-2 Sorga yang bermata jeli dan berwajah rupawan , suci bersih dari segala noda dan dosa , serta belum pernah sedikitpun tersentuh oleh jin ataupun manusia lain sebelumnya . Di dalam Sorga tidak pernah terdengar omongan-2 yang sia-2 dan tidak berguna , apalagi gossip ataupun fitnah . Do’a mereka adalah , “ Maha Suci Engkau , ya Tuhan ! “ Tegur sapa para penghuni Sorga adalah , “ Salam ! “ Dan akhir do’a mereka adalah , “ Segala puji bagi Allah , Tuhan semesta alam ! “ Kehidupan di Sorga adalah kehidupan yang abadi . Penghuni Sorga akan hidup disana se-lama-2-nya dan tidak akan pernah merasakan mati lagi . Di dalam Sorga yang ada hanyalah kegembiraan dan kebahagiaan , tdak ada kesedihan , tidak pula rasa jemu dan bosan . Ada orang usil yang kemudian bertanya , “ Apakah benar , dengan rutinitas kehidupan seperti itu , tidak akan timbul kebosanan dan keinginan untuk pindah dari sana ? “ . Sebenarnya ini pertanyaan yang sangat bodoh . Betapa tidak ? Orang yang hidup di dunia saja , yang banyak onak dan durinya , penuh dengan bala dan bencana , sarat dengan kekecewaan dan kesedihan , tidak satupun yang ingin mati atau hengkang dari bumi . Kalaupun ada orang yang putus asa karena tidak tahan terhadap kekecewaan atau kesedihan yang amat mendalam , kemudian bunuh diri , mereka adalah orang yang jiwanya sakit . Jumlahnyapun tidak banyak . Lalu mengapa orang akan jemu dan bosan tinggal di dalam Sorga yang penuh dengan keindahan dan kenikmatan tersebut ? Apalagi berkeinginan pindah dari sana segala . Emangnya ingin pindah kemana ? Ke neraka ? Lagi pula luas Sorga adalah seluas langit dan bumi . Penghuni Sorga bisa bepergian kemana saja yang mereka inginkan tanpa hambatan ruang dan waktu . Perjalanan ruang angkasa yang tidak mungkin dilakukan semasa hidup mereka di dunia yang fana , disana bukan hal yang mustakhil untuk dilakukan , karena hambatan-2 seperti yang dihadapi manusia di bumi , sudah tidak ada lagi . Disana perjalanan dari satu Sorga ke Sorga yang lain , atau traveling meninjau tempat-2 menarik lainnya , bahkan untuk melihat neraka , laksana perjalanan dari satu galaxy ke galaxy yang lain , dari satu bintang ke bintang yang lain , dan dengan kecepatan kilat sekalipun , bukan suatu yang sulit . Hambatan dalam bentuk apapun seperti keterbatasan usia , jarak yang sangat jauh , dan kecepatan yang sangat tinggi , sudah tidak ada lagi . Dengan Rahmat dan Ridha Allah SWT , penghuni Sorga bisa melakukan apa saja yang diinginkan tanpa terkecuali . Apakah dengan kehidupan seperti itu orang akan menjadi bosan , ingin pindah , atau bunuh diri ? Subhanallah il Adziem .

Di Sorga , penghuninya hidup kekal dan abadi dengan kondisi fisik yang sangat prima , tetap muda (forever young) , postur tubuh sempurna, wajah bercahaya merefleksikan keindahan dan kecantikan abadi , kesehatan terjaga dan dijauhkan dari segala macam penyakit , dan keperkasaan yang setara dengan 100 kali keperkasaan di dunia . Untuk ini ada satu riwayat , yang sering disampaikan para ustadz di langgar atau pesantren . Pada suatu waktu , datang seorang nenek-2 mengahadap Rasulullah SAW , dan berkata , “ Ya Rasulullah , aku sudah tua , ibadahku tidak sebanyak dulu lagi , karena badanku sudah sangat lemah . Kebanyakan aku hanya mampu mengerjakan yang wajib-2 saja , sebagian ibadah sunnah banyak yang sudah aku tinggalkan . Apabila meninggal dunia nanti , masih bisakah aku masuk Sorga ? “ Dengan wajah tenang tanpa ekspresi Rasulullah SAW menjawab :
“ Wah , di Sorga tidak ada nenek-2 ! “ Mendengar jawaban Rasulullah tersebut sang nenek tampak sangat kecewa dan langsung menangis ter-sedu-2 , tak mampu menahan kesedihannya . Rasulullah SAW. segera merangkul nenek tersebut , kemudian dengan tersenyum dan suara lembut beliau bersabda , “ Nenek , janganlah engkau bersedih hati . Di dalam Sorga memang tidak ada nenek-2 , yang ada adalah wanita-2 muda yang terjaga kecantikan nya . Nenek-pun nanti didalam Sorga akan menjadi muda kembali dan lebih cantik dari sewaktu di dunia . “ Dengan wajah ceria kembali nenek tersebut tersenyum , dan pamit undur diri .

“Sorga-2 adnin akan mereka masuki . disitu mereka akan diberi perhiasan gelang emas dan mutiara , dan disitu pakaian mereka sutera . # Dan mereka berkata , “ segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan dukacita dari kami . sungguh , Tuhan kami Maha Pengampun , Maha Penerima Syukur . # “ Yang telah menempatkan kami ditempat yang kekal , karena karuniaNya . tiada kami merasa lelah dan kehabisan tenaga di dalamnya . “ (Fathir / 35:33-35)

“Sungguh , hari ini penghuni sorga sangat gembira dalam kesibukannya . # Mereka dan para isterinya di bawah (pohonan) yang rindang . bersandar diatas peterana . # Bagi mereka ada bebuahan didalamnya, dan mendapatkan apa saja yang mereka minta . # “ Salam ! “ demikian Tuhan menyapa , Tuhan Yang Maha Penyayang .“ (Yasin / 36:55-58)

“Berkeliling melayani mereka pemuda-2 yang tetap muda usia . Bila kau melihatnya , kau kira mereka mutiara bertaburan .# Dan bila kau melihat disana , akan kau lihat kenikmatan , dan kerajaan yang besar .# Mereka berpakaian sutera halus yang hijau dan sutera yang tebal . Mereka dihiasi gelang perak , dan tuhannya memberi mereka minum minuman yang murni dan suci .” (Al Insan / 76:19-21)

Demikianlah , Sorga adalah tempat terwujudnya segala macam impian dan khayalan manusia , tempat segala macam keindahan terbentang diseluruh pelosoknya , tempat segala macam kenikmatan tersedia tanpa batas bagi penghuninya , dan tempat dimana orang beriman dan beramal shalih akan bertemu dengan Khaliknya . Pertemuan dengan Tuhan Yang Maha Esa , Yang Maha Pemurah , Yang Maha Bijaksana , Yang Maha Sempurna , merupakan peristiwa yang paling indah , dan sekaligus merupakan suatu kenikmatan yang tidak ada bandingannya , lebih dari se-gala-2-nya . Disitulah nanti , orang-2 yang beriman dan yang beramal shalih akan kembali . Hidup dan bertempat tinggal disana tanpa batas ruang dan waktu . Bebas merdeka dari segala macam larangan dan paksaan , bebas dari rasa takut dan tertekan , bebas dari segala macam penyakit dan bencana , dan hidup kekal , abadi , untuk se-lama-2-nya .

Kiranya sudah sa’atnya sekarang, kita mulai berbenah diri mereview kembali apa yang telah kita lakukan , dan apa yang telah kita capai selama ini ? Sudah cukupkah bekal kita ? Sudahkah kita memenuhi syarat untuk masuk kedalam kelompok para pewaris Sorga-Nya ? Kalau belum , segeralah bergegas memperbaiki dan melengkapinya . Jangan ditunda lagi ! Apabila banyak pelanggaran atau perbuatan dosa yang telah terlanjur kita lakukan , baik sengaja maupun tidak ,cepat-2lah bertaubat dengan taubat yang sungguh-2 (taubatan nasuha) , dengan penyesalan yang mendalam , dan berjanji serta membulatkan tekad untuk tidak mengulanginya lagi . Mudah-2 an Tuhan Sang Penerima Taubat , berkenan menerima taubat kita . Amin ya Robbal Alamin .
Banyak-2-lah berdo’a memohon ampunan-Nya , perbanyaklah dzikir mengingat-Nya , dan selalulah berpegang pada Al Qur’an dan Sunnah Rasul sebagai petunjuk-Nya . Dalam berdo’a dan berdzikir perhatikan pula adab dan tata kramanya. Rendahkan diri (tawadhu’) dalam menyampaikan permohonan kita . Lembutkan suara dengan nada rendah dan per lahan-2 . Berdo’alah dengan rasa takut dan harap-2 cemas . Jangan mengajukan permohonan dengan nada memaksa atau mengeraskan suara . Jangan memohon sesuatu yang kita tidak mengetahui apa hakikat sebenarnya . Dan berdo’a-lah dengan menyebutkan Asma-2 Allah yang indah (Asma’ul Husna) .

“Berdo’alah kepada Tuhanmu dengan kerendahan hati dan suara perlahan . Sungguh , Allah tidak suka orang yang melang gar aturan .# Janganlah merusak di muka bumi , sesudah (Allah) memperbaikinya . Tapi berdo’a-lah kepada-Nya , karena ketakutan dan kerinduan . Sungguh , rahmat Allah (dekat) kepada orang yang berbuat kebaikan . “ (Al A’raf / 07:55-56)

“Kepunyaan Allah Al Asma’ul Husna (nama-2 yang agung dan indah) . Maka serulah ia dengannya , dan tinggalkanlah orang yang menyalahgunakan nama-2 Nya . Mereka akan beroleh balasan atas apa yang mereka lakukan . “ (Al A’raf /07:180)

“(Tuhan) berfirman , “ Hai Nuh ! Ia bukanlah keluargamu , karena perbuatannya tidak baik . Maka janganlah mohon kepada-Ku , apa yang tiada kau tahu ! Sungguh ,Aku beri kau peringatan , supaya jangan kau ikut orang yang jahil .” # (Nuh) berkata , “ Wahai Tuhanku ! Aku berlindung kepada-Mu , supaya jangan aku memohon apa yang tiada aku tahu . Jika tiada Kau ampuni aku , dan tiada Kau rahmati , tentulah aku tergolong orang yang rugi ! ” (Hud /11:46-47)

“Tubuh mereka jauh dari pembaringan , sambil mereka berdo’a kepada Tuhannya , penuh ketakutan dan harapan. dan mereka menafkahkan sebagian pemberian Kami kepadanya .” (As Sajdah /32:16)

“Dan berfirman Tuhan kalian ,“Serulah Aku ! Akan kukabulkan do’amu . Orang yang sombong dan tiada suka menyembah Aku , pasti akan masuk neraka jahanam dalam kehinaan ! “ (Al Mu’min/40:60)

NERAKA TEMPAT KEMBALI YANG BURUK

Bagi orang yang tidak beriman dan tidak melakukan amal kebaikan , tidak akan menerima balasan dalam bentuk apapun kecuali neraka . Orang yang tidak bersedia mengimani keberadaan Tuhan Yang Maha Esa , Yang Maha Kuasa , sebenarnya termasuk golongan jahiliyah atau orang-2 yang bodoh dan dungu . Mereka tidak menyadari untuk apa dilahirkan di dunia . Pikirannya dipenuhi persepsi serta hypotese bahwa kehidupan manusia tidak berbeda dengan kehidup an makhluk lain yang mereka kenal , seperti binatang misalnya . Mereka melihat binatang lahir di dunia , tumbuh dewasa , main-2 , kawin , punya anak , menjadi tua , kemudian mati , membusuk dan menjadi tanah . Dianggapnya manusia mempunyai siklus kehidupan seperti itu juga . Setelah mati , tidak ada apa-2 lagi , membusuk dan kembali menjadi tanah . Alam semesta dan segala makhluk yang hidup didalamnya merupakan sesuatu yang muncul secara kebetulan , tidak ada proses penciptaan , demikian mereka berteori
Dengan claim seperti itu maka mereka tidak menyisakan tempat sedikitpun bagi Sang Pencipta . Diantara mereka banyak yang justru berpredikat ilmuwan , doktor dan professor , yang sangat tinggi menilai ilmunya , menganggap gagasan mengenai Tuhan adalah suatu ke sia-2an yang menghabiskan waktu dan enersi saja . Model lain dari orang tidak beriman , adalah kelompok yang tidak bersedia menyembah Tuhan Yang Maha Esa . Mereka mempunyai sembahan sendiri , seperti matahari , api , berhala , roh orang yang sudah mati (spirit) , binatang yang dianggap suci , dsb . Hal itu mereka lakukan karena mengikuti tradisi yang diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyangnya . Bapak-2 kami dulu melakukan demikian , maka kamipun meneruskan apa yang sudah menjadi tradisi nenek moyang kami dahulu , demikian mereka memberikan alasan . Merobah tradisi nenek moyang bagi mereka adalah hal yang tabu . Ada juga kelompok yang sebenarnya termasuk orang beriman , tapi mereka berkeras mempertahankan syar’iat-2 sebelum nya berikut modifikasi-2 yang dibuat dengan cara mereka sendiri . Mereka menolak dengan keras syari’at Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, sebagai koreksi dan pembaharu dari syari’at-2 sebelumnya . Termasuk dalam kelompok ini adalah para pemeluk agama yahudi dan agama nasrani . Disamping itu ada kelompok kaum fasiqin , munafiqin , dan murtad. Perbuatan orang fasiq adalah menyimpang dari ketentuan hukum Allah yang sudah baku (qathi’) , padahal sebenarnya mereka tahu dan meyakini kebenaran hukum Allah tersebut . Mereka menyembunyikan kebenaran dan melang gar perjanjian Allah . Mereka tidak mau mengamalkan kebenaran yang sebenarnya telah diyakininya , memutuskan perkara tidak berdasarkan hukum Allah , dan menjual hukum Allah dengan harga yang sangat rendah . Orang munafiq adalah orang yang lahirnya menyatakan beriman , padahal sebenarnya ia kufur. Mereka tidak berpendirian tetap (mencla mencle) , tidak dapat dipercaya , suka bohong , suka mengingkari sumpah , dalam beramal selalu riya’ , bersahabat dengan orang-2 yang memusuhi Islam , penuh kecuriga an terhadap aktivitas orang Islam , suka membuat kerusakan , selalu mencari keuntungan untuk diri pribadinya sendiri , dan tidak senang kepada Al Qur’an . Orang murtad adalah orang yang keluar dari agama Islam , menjadi kafir kembali , setelah sebelum nya beriman. Orang yang telah menukar keimanan dengan kekafiran , sesungguhnya telah sesat dari jalan yang lurus dan tidak akan diampuni dosanya . Semua orang tidak beriman dan ingkar terhadap perintah serta petunjuk Allah SWT tersebut diatas , akan menjadi penghuni dan sekaligus bahan bakar api Neraka . Disana mereka akan tinggal dan menjalani azab ber sama-2 dengan iblis , syaitan dan golongan jin yang mendustakan ayat-2 Tuhan Yang Maha Esa . Meskipun di dunia mereka banyak melakukan amal kebaikan , semua tidak ada gunanya . Amal-2 perbuatannya yang tidak dilandasi keimanan kepada Allah SWT tersebut , tidak akan diperhitungkan sebagai amalan shalih .

“Sungguh, orang yang ingkar , sama saja baginya apakah kau beri peringatan , atau tidak kau beri peringatan , mereka tidak akan beriman . # Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka. Tertutup penglihatannya , dan mereka beroleh azab yang dahsyat . “ (Al Baqarah/02:06-07)

“… dan barang siapa diantara kamu murtad dari agamanya , lalu mati dalam kekafiran , merekalah orang yang amalnya sia-2 di dunia dan akhirat . Mereka penghuni-2 api (neraka) , mereka tinggal di dalamnya se lama-2-nya .” (Al Baqarah / 02:217)

“Dan diantara mereka ada yang mendengarkan kau , tapi telah Kami tutup hatinya , sehingga mereka tidak mengerti, dan Kami sumbat kupingnya . Sekalipun mereka melihat setiap ayat, mereka tidak (juga) percaya kepadanya , sampai apabila (mereka) datang kepadamu , mereka berbantah dengan kau . Berkata orang yang kafir , “ Ini hanyalah dongengan orang dahulu kala .” (Al An’am / 06:25)

“Allah menjanjikan neraka jahanam kepada orang munafiq laki-2 dan perempuan , dan kepada orang yang ingkar . Mereka tinggal di dalamnya se-lama-2-nya. cukuplah (neraka itu) baginya . Allah melaknati mereka , bagi mereka azab tiada akhir .” (At Taubah / 09:68)

“Kami akan menurunkan diatas penduduk negeri ini bencana dari langit , karena mereka orang yang fasiq .” (Al Ankabut / 29:34)

“Apakah alasan bagimu tiada beriman kepada Allah , padahal rasul menyeru kamu , supaya beriman kepada Tuhanmu , dan telah membuat perjanjian dengan kamu , jika kamu orang yang beriman ? # Ia-lah yang menurunkan kepada hamba-nya bukti-2 yang nyata , supaya ia keluarkan kamu dari kegelapan menyong song terang . Sungguh , Allah bagimu Maha Penyantun , Maha Penyayang . “ (Al Hadid / 57:08-09)

“Sama saja bagi mereka, apakah kau mohon kan ampun bagi mereka , atau tidak kau mohonkan ampun . Allah tidak mau memberi mereka ampun . Sungguh , Allah tiada membimbing orang yang fasiq . ” (Al Munafiqun / 63:06)

Neraka adalah satu tempat di akhirat yang digambarkan didalam Al Qur’an sebagai tempat yang sangat mengerikan , menyeramkan , dan menakutkan . Suatu tempat penyiksaan yang jauh lebih mengerikan dari tempat-2 penyiksaan manapun yang pernah ada di dunia . Bahkan kamp-2 konsentrasi dan tempat-2 penyiksaan Gestapo Nazi yang katanya merupakan tempat penyiksaan paling kejam , tak ada seujung jari dibandingkan dengan Neraka .

Pada suatu hari Nabi Muhammad SAW berjalan dan melewati kerumunan sahabat yang sedang bercanda ketawa-2 . Rasulullah SAW berhenti sejenak dan bersabda , “ Apabila kalian melihat apa yang kulihat , kalian pastilah lebih banyak menangis dari pada tertawa .” Para sahabat kemudian bertanya , “ Apa yang telah kau lihat , Ya Rasulullah ? “ Rasulullah menjawab singkat , “ Neraka .”
Salah satu sebab mengapa orang masuk Neraka adalah karena mereka menuruti ajakan syaitan , padahal sebenarnya syaitan menjanjikan sesuatu atau menimbulkan keinginan-2 yang penuh dengan tipuan dan kepalsuan . Syaitan tidak akan mampu menghin darkan pengikutnya dari Neraka , bahkan merekapun termasuk yang akan menerima siksa Neraka se lama-2 nya . Sejak pertama kali Iblis menerima kutukan Tuhan , karena menolak perintah Allah SWT sujud kepada Nabi Adam AS , ia telah minta konsesi kepada Tuhan agar diberi waktu dan kesempatan untuk menyesatkan umat manusia ,mengajaknya ingkar bersamanya . Allah SWT mengabulkannya . Iblis diberi kekuasaan untuk mempengaruhi umat manusia sesat ber samanya , kecuali hamba-2 Allah yang benar-2 ta’at kepada Khalik nya . Iblis tidak akan mampu menyesatkan hamba-2 Nya yang ta’at karena Allah SWT akan selalu menjaganya .

Pada sa’at keputusan telah dijatuhkan dalam pengadilan akhirat , orang-2 kafir pada protes kepada syaitan mengapa mereka akan dimasukkan juga ke Neraka , sedang syaitan telah menjanjikan keselamatan bagi mereka . Dengan enteng syaitan menjawab , “Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang sebenarnya . Akupun telah berjanji kepadamu , tapi aku tidak memenuhinya . Dan tiada aku berkuasa atasmu . Aku hanya menyeru kepadamu , dan kamu mende ngarkan seruanku . Maka jangan sesalkan diriku , sesalkanlah dirimu sendiri . Aku tidak dapat menolong kamu , dan kamupun tidak bisa menolong aku . Aku menolak perbuatanmu yang dahulu telah mempersekutukanku dengan Allah.“ Begitulah nasib orang durja na yang tidak menggunakan akal sehatnya , gampang terpengaruh oleh janji-2 syaitan yang terkutuk , akhirnya harus menerima azab yang menyakitkan . Demikian juga orang-2 yang mendustakan ayat-2 Allah dan menyombongkan diri terhadapnya . Pintu-2 langit tidak dibukakan bagi mereka . Mereka tidak akan masuk Sorga sebelum onta dapat masuk lubang jarum , demikian Allah SWT mengumpama kannya didalam Al Qur’an , kemustahilan orang kafir bisa masuk Sorga (Al A’raf /07:40) . Mereka akan menjadi penghuni Neraka dan tinggal didalamnya se-lama-2nya . Neraka sebagai tempat mereka berbaring dan diatasnya ber-lapis-2 selimut api . Didalam Neraka , penghuninya pada bertengkar dan saling menyalahkan satu sama lain . Orang yang lemah complain kepada orang-2 yang congkak , “ Dahulu kami mengikuti kalian , dapatkah sekarang kalian menghindarkan dari kami sebagian api neraka ? “ Orang yang congkak dengan putus asa menjawab , “ Kita semua sekarang ada di dalam Neraka . Sungguh , Allah telah menjatuhkan putusan diantara hamba-2-Nya ! “ Kemudian mereka berkata kepada para penjaga Neraka Jahanam ,“ Serulah Tuhan kalian agar meringankan azab kami barang sehari saja ! “ Para penjaga membalasnya dengan pertanyaan , “ Bukankah dulu telah datang kepada kalian Rasul-2 dengan bukti-2 yang nyata ? “ Mereka menjawab , “ Betul , ada ! “ Penjaga Neraka kemudian berkata , “ Kalau begitu , berdo’a lah kalian ! Tapi do’a orang yang tidak beriman , hanyalah do’a yang sia-2 . “ Sebagian besar manusia yang masuk Neraka mengakui kesalahannya , meskipun demikian Tuhan tidak bakalan merobah keputusan-Nya . Sudah cukup banyak petunjuk dan peringatan diberikan kepada mereka , tapi mereka tetap keras kepala dalam kemungkarannya . Sekarang semuanya telah terlambat untuk memperbaiki ataupun minta grasi . Pintu taubat sudah tertutup . Meskipun mereka me-rengek-2 agar diberi kesempatan sekali lagi keluar dari Neraka dikembalikan ke bumi dan mereka berjanji akan berobah total menjadi orang yang beriman serta melakukan amal-2 kebaikan , apabila ternyata menjadi kafir kembali mereka bersedia untuk dihukum sebagai orang yang dhalim.Namun usaha mereka sia2 belaka , tak ada lagi kesempatan yang kedua , semuanya sudah ditetapkan sesuai dengan janji Allah SWT . Dan janji Allah adalah benar ! Segala yang telah dijanjikan Allah , pasti akan terjadi ! Tak seorangpun yang dapat merobah atau menggagalkannya . Kemudian dengan nada yang sangat mengharukan , mereka mengajukan lagi permohonan agar diringankan siksanya meskipun hanya sebentar , dan kalaupun ini tidak bisa dikabulkan juga mereka mohon dimatikan saja . Permohonan inipun tidak ada guna nya . Kehidupan dan siksa Neraka adalah abadi , didalamnya mereka tidak akan mati dan tidak pula hidup . Siksanya akan dilaksanakan ber-ulang-2 tanpa ampun . Meskipun mereka merintih kesakitan tak akan diringankan sedikitpun . Apabila kulit-2-nya pada mengelupas karena terbakar , Tuhan akan menggantinya dengan kulit yang baru agar mereka bisa merasakan bagaimana pedihnya siksa Neraka .Penjaga Neraka adalah Malaikat Malik beserta pasukannya . Mereka digambarkan memiliki postur yang sangat mengerikan , sikapnya sangat kasar terhadap para penghuni Neraka , tapi mereka merupakan hamba-2 yang sangat patuh terhadap perintah Allah SWT. Apabila penghuni Neraka merasa lapar atau haus , telah disiapkan hidangan khusus Neraka. Untuk makanan , tersedia pohon zakkum yang tumbuh dari dasar api Neraka . Buahnya berbentuk seperti kepala-2 syaitan, dan rasanya sangat pahit dan menyakitkan laksana menelan tembaga cair yang mendidih didalam perut. Meskipun demikian mereka tetap memenuhi perutnya dengan zakkum , karena hanya itulah yang tersedia untuk mereka . Meskipun dengan sangat tersiksa mereka terpaksa makan makanan tersebut , namun tetap saja tidak bisa menghilangkan rasa laparnya . Untuk minuman , mereka bisa memilih sendiri air mendidih yang sangat panas atau nanah yang baunya luar biasa busuknya . Siksa Neraka sungguh sangat pedih dan menyakitkan . Tidak pernah ada siksaan yang sebe rat dan sekejam siksa Neraka . Dan itulah yang diancamkan kepada mereka yang mendustakan ayat-2 Tuhan serta mengingkari perintah dan larangan-Nya . Meskipun dengan ancaman/peringatan seperti itu , orang tidak beriman pada setiap zaman , justru merupakan kelompok mayoritas . Mereka tidak takut dan menganggap peringatan dari Allah SWT hanya sekedar cerita horor untuk menakut-nakuti anak kecil saja . Mereka baru akan menyesalinya nanti setelah Neraka didekatkan dan ancaman Tuhan menjadi kenyataan .

“Neraka jahanam mengintai dan menantikannya . diberi ia minum air mendidih dan busuk bernanah . # Ia menghirupnya , tapi hampir-2 tidak dapat menelannya , dan maut datang kepadanya dari segala penjuru . namun ia tidak mati , dan didepannya mengintai azab yang berat . “ (Ibrahim / 14:16-17)

“Sungguh,neraka jahanam adalah kediaman yang di janjikan kepada mereka semua ! # Tujuh pintunya (tingkatnya). pada setiap pintu (tingkat) ditempatkan sebagian dari mereka (orang durjana) . ”(Al Hijr / 15:43-44)

“Katakanlah , “ Kebenaran dari tuhanmu . barang siapa yang suka, hendaklah beriman, dan barang siapa yang suka, silahkan mengingkari (Nya).” telah kami sediakan bagi orang durjana , api yang lidahnya mengepung dirinya . dan bila mereka meminta tolong , diberi air seperti tembaga mendidih yang membakar mukanya . minuman yang amat buruk , tempat istirahat yang amat buruk . ” (Al Kahfi/18:29)

“Kedua golongan yang bertentangan ini bertengkar mengenai tuhannya . maka orang yang ingkar , bagi mereka dibuatkan pakaian dari api (neraka) . diatas kepalanya ditumpahkan air yang panas mendidih .# Dengannya dilebur apa yang ada dalam perutnya dan (juga) kulit(nya) .# Bagi mereka cambuk-2 besi (untuk mengazabnya) .# Setiap kali mereka karena kepedihan hendak keluar daripadanya , mereka dikembalikan kedalamnya . dan (kepada mereka dikatakan) , “ Rasakan olehmu azab pembakaran . “ (Al Hajj/22:19-22)

“Dan bagi orang yang ingkar akan tuhannya , azab Neraka jahanam , se buruk-2 tempat tujuan .# Bila dilempar mereka kedalamnya , mereka dengar auman (neraka) mendidih menggelora , # Hampir meledak karena murkanya . setiap kali dilempar kedalamnya suatu gerombolan , bertanya para penjaga kepadanya , “ Tidakkah datang kepadamu pemberi peringatan ? “ # Mereka menjawab,“ Memang telah datang kepada kami pemberi peringatan , tapi kami mendustakan(nya) , dan berkata,“ Allah tiada menurunkan suatu (pesan). Kamu hanya dalam kesesatan yang nyata .” # Dan mereka berkata (pula) , “Sekiranya kami mendengarkan atau menggunakan akal kami , tiadalah kami bersama golongan penghuni api menyala .” # Merekapun mengakui dosa-2 nya , tapi jauh (ampunan) bagi penghuni api menyala . “ (Al Mulk / 67:06-11)

“(Allah memerintahkan malaikat zabaniah) , “ Tangkaplah ia dan belenggulah ia ! # “ Kemudian lemparkan ia kedalam api menyala ! # “ Kemudian belitlah ia dengan rantai tujuh puluh hasta panjangnya . “ (Al Haqqah/69:30-32)

“Maka tiada baginya hari ini seorangpun teman disini .# Dan tiada makanan , kecuali campuran darah dan nanah .# Tiada yang makan kecuali orang berdosa .” (Al Haqqah/69:35-37)

“Tidak sama sekali ! itu adalah api neraka yang menyala.# Yang mengopak kulit kepala!“ (Al Ma’arij / 70:15-16)

“Aku akan jerumuskan ia kedalam neraka saqar ! # Bagaimana kau tahu apakah api neraka saqar itu ? # Tiada yang ditinggalkannya tersisa , dan tiada yang dibiarkannya ! # Sampai hitam (dibakarnya) kulit manusia ! # Sembilan belas (penjaganya) . # Dan yang kami jadikan penjaga api neraka , hanyalah Malaikat saja . Kami tetapkan jumlahnya hanya sebagai cobaan bagi orang yang kafir – supaya yakin orang yang menerima Kitab (taurat dan Injil),dan bertambah iman orang yang beriman – dan tiada ragu-2 orang yang menerima Al Kitab (yahudi dan nasrani) , dan orang yang beriman . dan supaya berkata orang berpenyakit dalam hatinya dan orang yang kafir , “ apakah maunya allah dengan ini sebagai perumpamaan ? demikianlah Allah membiarkan sesat siapa yang Ia kehendaki , dan memberi petunjuk kepada siapa yang Ia berkenan.dan tiada yang mengetahui pasukan-2 tuhan-mu kecuali Ia . dan ini tiada lain selain peringatan bagi manusia . “ (Al Muddatstsir / 74:26-31)

“Sungguh , neraka adalah tempat mengintai , # Tempat kembali bagi pelanggar batas.# Mereka tinggal didalamnya ber-abad-2.# Mereka tiada merasakan kesejukan dalamnya , dan tiada (mendapat) minuman ,# Kecuali air mendidih dan nanah yang busuk baunya , # Sebagai balasan yang setimpal .” (An Nabaa / 78:21-26)

“Dan orang yang durjana, mereka dalam api menyala .# Mereka masuk kedalamnya pada hari perhitungan , # Dan mereka tiada mampu keluar dari dalamnya .# Bagaimana kau tahu apakah hari perhitungan ? # Sekali lagi , bagaimana kau tahu apakah hari perhitungan ? # Hari tatkala tiada seorangpun mampu berbuat suatu apa bagi yang lain . segala urusan pada hari itu dalam kekuasaan Allah . “ (Al Infithar / 82:14-19)

“Sungguh , kamilah penunjuk (jalan) .# Dan sungguh , kamilah pemilik yang akhir dan yang awal . # Karenanya kuperingatkan kamu akan api berkobar menyala . # Yang masuk kedalam hanyalah orang yang paling malang .# Yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling .” (Al Lail / 92:12-16)

“Tapi barang siapa ringan timbangan (kebaikan)nya , # Tinggalnya di lubang neraka yang paling dalam . # Bagaimana kau tahu apakah itu ? # (Itulah) api yang panas menyala ! “ (Al Qari’at / 101:08-11)

“Celakalah setiap penyebar fitnah dan pengumpat , # Yang mengumpulkan kekayaan dan meng-hitung-2 nya , # Yang mengira kekayannya mengekalkannya .# Sama sekali tidak ! ia akan dijerumuskan kedalam huthamah .# Bagaimana kau tahu apakah huthamah ? # (Itulah) api allah yang dinyala kan , # Yang naik masuk ke jantung .# Sungguh, ia menutupi mereka seperti kubah,# Dengan tiang-2 yang menjulang . “ (Al Humazah / 104:01-09)

PEGANGLAH AL QUR’AN & SUNNAH RASUL

Demikianlah , kita telah ditakdirkan lahir didunia dan hidup memper oleh berbagai karunia dan nikmatnya . Ini yang per tama-2 harus kita syukuri . Kenikmatan dan karunia terbesar adalah nikmat keimanan , karena dengan itu Allah SWT akan membukakan pintu langit dan Sorga-Nya . Janganlah kita lewatkan kesempatan yang sangat bagus ini , jangan pula kita tergoda dengan rayuan syaitan yang menawarkan kehidupan dunia yang serba gemerlapan , karena didunia kita hanya numpang lewat saja . Kehidupan di dunia hanya main-2 dan cuman beberapa jam saja bila dibandingkan dengan kehidupan akhirat yang satu harinya setara dengan seribu tahun ukuran dunia . Yang sebenarnya kehidupan adalah kehidupan yang kekal abadi di akhirat , apabila kita mau berpikir .
Kita sudah sangat faham mengenai siklus kehidupan manusia , mulai diciptakan dari setetes air mani , kemudian menjadi segumpal darah , segumpal daging , sebuah janin , setelah itu Tuhan meniupkan Roh ciptaan-Nya , dan sembilan bulan kemudian lahirlah bayi mungil dari golongan bani Adam . Sang bayi tumbuh dalam lindungan serta kasih sayang orang tuanya menjadi anak-2 balita , kemudian remaja , dewasa , menjadi tua dan renta , setelah itu mati . Dalam periode kehidupan dari balita sampai dewasa dan kemudian tua , kita harus mengisinya dengan keimanan dan amal kebaikan , apabila kita ingin mendapatkan tiket untuk pulang kampung ke Sorga . Sorga adalah final destination yang sangat indah . Dalam menyiapkan modal dan bekal untuk pergi kesana , masuklah kedalam agama Tauhid (agama Allah) secara keseluruhan , dan beragamalah secara benar . Pegang kuat-2 rukun iman yang enam dan raihlah ridha Allah SWT dengan melaksanakan secara konsekwen rukun Islam yang lima . Dalam melakukan segala aktivitas serta menghadapi masalah apapun , gunakanlah pikiran yang jernih , cerdas , kritis , dan analitis . Peganglah erat-2 Al Qur’an dan Sunnah Rasul , sebagai hujjah serta rujukan utama . Jangan gampang terpengaruh oleh ajaran-2 sesat ataupun pembaharuan-2 yang nyeleneh dalam bentuk apapun , apabila tidak sesuai dan/atau menyimpang dari ketentuan serta petunjuk yang sudah baku(Qathi’) dari Al Qur’an dan Sunnah Rasul . Jadilah orang yang pandai bersyukur dan ber terimakasih , kepada Allah SWT , orang tua , tetangga , kerabat , sahabat , handai tolan , dan siapapun yang berperan dalam kehidupan kita , sekecil apapun bantuannya meski hanya sekedar sebuah senyuman. Jadilah sahabat bagi siapapun , ringankan tangan untuk menolong mereka , sisihkan sebagian rezeki untuk membantu meringankan bebannya , jangan sakiti hatinya, dan berbicaralah yang baik-2 kepada mereka . Kecuali kepada mereka yang jelas-2 memusuhi kita ataupun yang suka meng olok-2 agama Allah SWT.
Kata orang , seribu sahabat tidak pernah cukup , satu musuh terlalu banyak . Ingatlah selalu bahwa kematian selalu mengintai kita , kapan saja , dimana saja , dan bagaimanapun caranya . Mungkin kita masih bisa hidup tigapuluh tahun lagi , tapi bukan mustakhil kita akan mati besok pagi . Tak seorangpun yang tahu ! Kapanpun dan dimanapun maut menghampiri kita , pastikan bahwa kita sudah siap menyambutnya. Lakukanlah amar ma’ruf nahi mungkar . Ber lomba-2 lah dalam kebajikan , tinggalkan jauh-2 segala larangan-Nya . Banyaklah berdo’a memohon ampunan-Nya , banyaklah berdzikir mengingat Asma-Nya , dan banyaklah bertafakur memikirkan segala ciptaan-Nya . Bersabar dan bertawakalah dalam menghadapi apapun cobaan-Nya . Kendalikan sifat bawaan manusia yang serba negative , gantilah paradigmanya , robahlah menjadi sesuatu yang positive dan bermanfa’at bagi kemaslahatan umat . Upayakan dengan sungguh-2 agar akhlak mulia (akhlakul karimah) selalu menghiasi dan menjadi jalan hidup kita dalam bermasyarakat . Kejujuran lebih bermakna daripada tumpukan harta yang tidak halal , satu senyuman lebih berarti daripada pemberian yang disertai omelan atau cacian . Dan sekali lagi , jadikanlah Al Qur’an dan Sunnah Rasul sebagai pegangan hidup . Apapun masalah , persoalan ataupun perbedaan pendapat yang muncul di depan kita , kembalikanlah semuanya kepada ketentuan dan petunjuk yang ada didalam-Nya .

Mudah-2an Allah SWT senantiasa menurunkan hidayah dan ridha-Nya kepada kita sekalian . Mudah-2an Tuhan Yang Maha Pengasih , Yang Maha Penyayang , berkenan menjauhkan kita semua dari siksa api Neraka yang sangat menyakitkan . Mudah-2an Tuhan Yang Maha Bijaksana , Yang Maha Sempurna , memasukkan kita kedalam golongan orang-2 yang beramal shalih dan menjadi pewaris Sorga Nya . Amin . Ya , Robbal Alamin .

No comments:

Post a Comment

al buruj

al buruj